Skip to main content
THEATER MODE

Update Buku Web Profil Sekolah dan PPDB Online

Sudah sekian lama sejak buku saya yang pertama terbit pada bulan Maret 2015 kemarin. Sampai saat ini banyak sekali email yang masuk ke saya, ada yang sudah kami balas langsung terkait perubahan dan pembahasan scriptnya tetapi ada beberapa juga yang belum sempat saya balas. Begitu juga dengan update beberapa modul yang masih perlu dilakukan untuk perbaikan program. Untuk itu kali ini akan saya bahas mengenai beberapa Update dan Solusi dari beberapa masalah serta kendala yang dihadapi pembaca setia bukulokomedia.com.
web-profil-sekolah-dan-ppdb
Web Profil Sekolah dan PPDB online 

Pembasahasan ini meliputi update script php, konfigurasi beberapa plug in dan pembahasan mengenai konsep pada blogging yang ditujukan untuk para siswa agar bisa mengembangkan blog – blog dengan Blogger agar nantinya dapat diintegrasikan dengan website sekolah masing - masing. Pembahasan ini fokus pada masukan – masukan para pembaca buku Membuat Web Profil Sekolah dan PPDB online serta pengembangan dari buku tersebut. Ok broo... Langsung Ke TKP.


1.         Menghilangkan Garis Ganda Berwarna Putih Pada Header.
menghilangkan_garis_putih_pada_header
Menghilangkan Garis Ganda Berwarna Putih Pada Header

Terima kasih masukannya dari pembaca; pada header Membuat Web Profil Sekolah dan PPDB online ada dua garis putih yang cukup mengganggu tampilan beranda dari website yang dibangun. Untuk menghapus atau mengeditnya ada dua solusi yang bisa kita lakukan.
Pertama Download File Header.php di Sini kemudian ganti file header.php yang ada pada source code nya dengan file Header.php yang anda Download.
Cara kedua adalah cari file header.php kemudian cari script <div class='double-split'></div> kemudian hapus script tersebut.. Jika Berhasil maka akan tampak pada gambar di bawah ini
menghilangkan_garis_putih_pada_header_ok
Garis Putih Pada Header Berhasil Dihapus


2.         Mengatasi Broken link Pada Tab Semua Agenda dan Semua Pengumuman.
broken_link_object_not_found
Mengatasi Broken link Pada Tab Semua Agenda dan Semua Pengumuman.
Yang selanjutnya adalah mengatasi Broken Link Pada halaman beranda saat klik pada Tab Semua Agenda dan Semua Pengumuman. Lihat Gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.
mengatasi_broken_link_pada_tab_pengumuman_dan_agenda
Tab Semua Agenda dan Semua Pengumuman
Jadi pada saat kita ingin klik tombol Lihat Semua Agenda dan Tombol Lihat Semua Pengumuman Maka Akan menuju broken_link_object_not_found seperti pada gambar 1 diatas. Untuk mengatasinya ada dua cara yang bisa kita lakukan.
Cara pertama adalah dengan Men Download Update nya di Sini. Kemudian cari File agenda.php yang terletak pada folder../modul/mod_content/content/agenda.php. Replace file agenda.php tersebut dengan file yang sudah di Download diawal tadi.
Cara kedua adalah dengan membuka file agenda.php dengan php Editor kemudian cari script :
<div class="top-right"><a href="semua-agenda.html">Lihat Semua Agenda</a></div>
dan ganti script tersebut dengan script ini :
<div class="top-right"><a href="semua-agenda.html">Lihat Semua Agenda</a></div>

Selanjutnya Cari Scipt :
<div class="top-right"><a href="category.html">Lihat Semua Pengumuman</a></div>
dan ganti script tersebut dengan script ini :
<div class="top-right"><a href="semua-pengumuman.html"> Lihat Semua Pengumuman </a></div>
       Jika berhasil maka kedua langkah di atas akan memperbaiki broken link pada Tab Semua Agenda dan Semua Pengumuman.

3.       Update Modul Sub Menu Agar Saat Menhapus Salah Satu Sub Benu tidak menhapus semua Sub Menu.
3_hapus_sub_menu_terhapus_semua
Sub Menu Yang Terhapus Semua
Agar saat menghapus salah satu sub menu pada halaman admin tidak menghapus semua sub menu yang sudah dibuat lakukan update Script Modul Sub Menu. Download update modul Sub Menu di Sini. Kemudian cari folder User dari masuk ke Folder ../modul/ mod_submenu akan terdapat dua file yaitu file submenu.php dan aksi_submenu.php. Ganti kedua file tersebut dengan File Update Yang Sudah di Download di awal tadi.
Lihat Gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya mengenai File Yang Di Update
3b_modul_sub_menu_yang-diupdate
Modul Sub Menu Yang Di Update

Jika Update Modul Berhasil maka saat menghapus salah satu modul pada sub menu maka tidak akan menghapus semua sub menu yang ada seperti gambar dibawah ini :
3b_modul_sub_menu_yang-diupdate
Modul Sub Menu Yang Di Update



4.       Memperbaiki Tombol Hapus Pada Modul Halaman Statis.
Tombol Hapus Pada Modul Halaman Statis
Tombol Hapus Pada Modul Halaman Statis
Pada halaman administrator modul halaman merupakan modul untuk pengelolaan halaman statis dari Web Profil Sekolah & PPDB Online. Ada kendala pada modul ini dimana tombol hapus halaaman tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaiki atau update agar berfungsi dengan baik adalah dengan cara berikut ini :
Masuk Folder Administrator yaitu terletak pada folder ../User/Modul/mod_halamanstatis. Kemudian buka file halamanstatis.php dengan php kesayangan anda editor dan tambahkan Script berikut ini pada baris pertama sebelum pembukaan script PHP ( <?php )

<script>
function confirmdelete(delUrl) {
   if (confirm("Anda yakin ingin menghapus?")) {
      document.location = delUrl;
   }
}
</script>

Jika anda kesulitan untuk melakukan Update Modul Halaman Statis ini anda bisa mendownload Update File Modul Halaman Statis di Sini. Kemudian replace  halamanstatis.php yang berada pada pada folder ../ User/Modul/mod_halamanstatis/ halamananstatis.php  dengan file yang sudah didownload tadi.

Itulah beberapa Update Dari Source Code Web Profil Sekolah & PPDB Online yang dilakukan. Jika ada pertanyaan dan kendala lain silahkan mengirimkan email ke penulis di id : agus_pacitan@yahoo.co.id atau ikuti blog pembahasan dan update lainnya di blog penulis yaitu di http://blog.imagomedia.co.id


Buka Komentar

You Might Also Like: