Update Cetakan Ketiga Edisi Revisi Buku Membuat Aplikasi PPDB Online dan Aplikasi Tes Berbasis Komputer Dengan PHP dan MySQLi

Update Cetakan Ketiga Edisi Revisi Buku Membuat Aplikasi PPDB Online dan Aplikasi Tes Berbasis Komputer Dengan PHP dan MySQLi
Update Cetakan Ketiga Edisi Revisi Buku Membuat Aplikasi PPDB Online dan Aplikasi Tes Berbasis Komputer Dengan PHP dan MySQLi
Sejak pertama kali buku ini diterbitkan tahun 2015 silam, buku ini sudah terjual ribuan eksemplar diseluruh Indonesia. Seiring berjalannya waktu, teknologi juga berkembang semakin pesat tak terkecuali teknologi yang mencakup pemrogaman dan pengembangan aplikasi didalamnya. Demikian pula dengan isi buku ini, rentang waktu 5 tahun tentu bukan waktu yang lama untuk teknologi berubah. Banyak perubahan dan inovasi yang terjadi secara simultan dan dalam waktu yang singkat dan cepat.

Namun demikian, tidak semua orang bisa mengikuti perkembangan dunia secepat perubahan yang nampak di permukaan. Kenyataannya masih banyak orang yang perlu mempelajari pemrograman berbasis PHP dari dasar hingga benar – benar menguasai untuk bisa meningkatkan kemampuannya sesuai dengan perkembangan yang ada. Hal ini diperkuat dengan masih tingginya permintaan pasar akan sumber pengetahuan yang menyediakan tuntunan secara instan dan praktis terkait dasar – dasar pengembangan aplikasi berbasis PHP dengan database MySQLi.

Buku ini kembali dicetak ditahun 2020 dengan tetap mempertahankan naskah asli tetapi ada beberapa penyesuaian dengan perkembangan teknologi yang ada. Ada beberapa fitur lama yang dirubah agar aplikasi PPDB Online yang terintegrasi dengan website sekolah ini bisa berjalan di semua jenis server yang banyak dipakai saat ini.

Selain penyesuaian terhadap lingkungan server, juga ada beberapa perubahan mendasar serta perbaikan code – code dan struktur aplikasi. Ini semua dilakukan atas beberapa contoh kasus dan masukan dari pembaca serta pengalaman pengguna baik saat dijalankan di server lokal (Localhost) maupun saat di upload di web hosting (Online). Untuk lebih lengkapnya apa saja perubahan yang ada pada cetakan ketiga ini silahkan dilihat di catatan perubahan.

Menariknya lagi, pada cetakan ketiga ini juga digabungkan dengan buku saya yang kedua yaitu Membuat Aplikasi Computer Based Test (CBT). Hal ini tentu membuat buku ini semakin menarik untuk dipelajari dan dipraktekkan. Dalam buku ini selain mempertahankan pembahasan dari dasar – dasar PHP secara step by step juga disertakan 2 contoh aplikasi siap pakai yaitu Website sekolah dengan Fitur PPDB Online dan Aplikasi Test Berbasis Komputer.

Dalam penulisan buku ini, penulis berusaha membahasnya lebih detail dari level novice to expert  sehingga semua pembaca baik dari kalangan Programmer maupun non programmer atau bahkan yang belum pernah belajar Coding pun mampu membuat Website sekolah dengan Fitur PPDB Online dan Aplikasi Test Berbasis Komputer.

Meski dalam buku ini penulis berusaha untuk membahasnya dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami dan dipraktekkan, akan tetap seringkali pembaca juga mengalami kesulitan. Untuk itu agar semua pembaca bisa belajar bareng dan menguasai cara pembuatan Website sekolah dengan Fitur PPDB Online dan Aplikasi Test Berbasis Komputer serta bisa mengaplikasikannya. Penulis sudah menyiapkan source code dan video tutorial.

Selain itu bagi para pembaca yang mengalami kendala, bisa mengirimkan masalah yang dihadapi ke penulis yang  kemudian akan kami bantu dengan memberikan Technical Assistant kepada pembaca melalui saluran berbagi saluran media yaitu :

 Email : agus_pacitan@yahoo.co.id
Website : http://imagomedia.co.id
Blog : www.blog.imagomedia.co.id
Youtube Channel : https://www.youtube.com/c/ImagoMedia
Instagram : https://www.instagram.com/imagomedia.co.id/
Twitter : https://twitter.com/imagomedia_id
WhatsApp : 081 741 366 38

Sebagai penutup, dengan penulis menyediakan saluran – saluran digital berupa Channel Youtube, Grup WhatsApp, Email dan Blog. Kedepan pembaca setia buku Membuat Website sekolah dengan Fitur PPDB Online dan Aplikasi Test Berbasis Komputer bisa mendapatkan update – update dan perbaikan dari aplikasi yang ada. Hal ini dirasa penting agar pembaca bisa mengikuti perubahan – perubahan teknologi yang cepat. Dengan demikian tujuan penulisan buku ini bisa tercapai yaitu Semua Bisa Membuat Aplikasi Berbasis PHP dan MySQLi. Pemrograman bukan hanya untuk mereka yang sekolah di jurusan IT tetapi jurusan bahasa, jurusan seni dan jurusan lainpun bisa. Seperti saya, saya adalah lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Ayo belajar, terus belajar dan belajar lagi. Tak peduli jurusan apa, umur berapa, tinggal dimana. Yang penting ada kemauan belajar kita semua pasti bisa.

Akhir kata penulis berharap agar buku ini bermanfaat untuk perkembangan dunia teknologi pendidikan khususnya dan ilmu pengetahuan pada umumnya. Penulis berharap dari buku ini membawa banyak manfaat bagi para pembaca dan bisa berbagi ilmu dengan sesama untuk mewujudkan cita – cita masyarakat adil makmur yang diridhloi Allah SWT.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama